Categories: Ekonomi

Ringkasan Bank Dengan Bunga Tinggi 2021

Bank apa saja yang menawarkan deposito bunga tertinggi 2021? Simak pembahasan singkat berikut ini.
Bagaimana caranya mengembangkan dana yang dimiliki dengan mudah? Investasi mendapat perhatian besar bagi solusi ini. Dengan investasi, Anda dapat melindungi aset dari inflasi serta menambah penghasilan lebih. Apalagi saat ini ada beragam jenis investasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda. Bila Anda masih tergolong pemula, maka deposito dengan bunga tinggi adalah opsi yang paling tepat dalam mengembangkan dana secara aman dengan risiko rendah.

deposito bunga tinggi
deposito bunga tinggi

Salah satu perbedaan deposito dengan tabungan biasa adalah dana pada rekening deposito hanya dapat ditarik pada tanggal jatuh tempo saja dan tidak bisa ditarik semau Anda. Selain itu hasil pengembaliannya lebih besar daripada tabungan biasa. Anda juga tidak perlu khawatir karena Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan mengawasi deposito Anda dengan jaminan simpanan sampai Rp 2 miliar.
Pada deposito terdapat tenor atau jangka waktu tertentu karena deposito dengan bunganya tidak bisa dicairkan sewaktu-waktu. Tenornya bermacam-macam mulai dari satu bulan, tiga bulan, enam bulan, hingga 12 bulan. Masing-masing tenor ini mempunyai tingkat bunga yang berbeda pula.

Anda perlu cermat dalam memilih bank dengan deposito terbaik. Salah satu kriteria yang paling krusial adalah suku bunga deposito. Sebelum memilih bank yang tepat, Anda perlu memperhatikan suku bunga deposito bank tersebut. Bank yang menawarkan Deposito dengan bunga tinggi sangat disarankan untuk Anda. bunga tinggi pada deposito tentu akan memberi Anda keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan bunga rendah.
Di Indonesia ada berbagai macam jenis deposito yang bisa Anda pilih, yaitu deposito berjangka, deposito on call, deposito automatic roll over, dan sertifikat deposito.

1. Deposito Berjangka

deposito berjangka tinggiDeposito berjangka merujuk pada deposito umum yang penarikannya hanya dapat dilakukan setelah jangka waktu tertentu (sesuai dengan perjanjian antara pihak bank dengan pemegang deposito).

Deposito berjangka biasanya dikeluarkan berupa bilyet giro yang dibubuhi nama pemiliknya, sehingga tidak bisa bebas diperjualbelikan.

2. Deposito on Call

deposito on call tinggiDeposito bank ini punya jangka waktu relatif singkat dibandingkan deposito berjangka. Anda bisa menginvestasikan dana minimal 7 hari hingga kurang dari 1 bulan. Deposito on Call juga tidak dapat diperjualbelikan seperti deposito berjangka.

3. Deposito Automatic Roll Over

Deposito berjangka Automatic Roll Over (ARO) menggunakan sistem yang secara otomatis menambahkan bunga hasil deposito ke dalam deposito Anda tanpa menunggu persetujuan dari deposan.

4. Sertifikat Deposito

Berbeda dengan deposito berjangka yang berupa bilyet giro, sertifikat deposito dikeluarkan berupa sertifikat yang tidak dibubuhi nama pemegang, oleh karenanya bebas diperjualbelikan oleh pemilik atau pemegang.

Berdasarkan kumparanBisnis, pada Juli 2020 Bank Indonesia memutuskan untuk memangkas suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin ke level 4 persen. Begitu pun dengan tingkat suku bunga deposit facility serta bunga lending facility yang keduanya turun 25 bps menjadi 3,25 persen dan 4,75 persen.

Sayangnya keputusan Bank Indonesia dalam memangkas suku bunga menyebabkan bunga deposito juga makin turun. Dikutip dari data penawaran bunga deposito perbankan yang dihimpun Pusat Informasi Pasar Uang Bank Indonesia bunga deposito tertinggi di bank sebesar 5,75 persen.
Berikut adalah daftar nama bank yang menawarkan bunga deposito tertinggi:
Deposito 1 Bulan
1. Bank Mega 5,75 persen
2. Bank Mayora 5,50 persen
3. Bank Bukopin 5,25 persen
4. Bank Danamon Indonesia 5,13 persen
5. Bank Mandiri 5,13 persen

Deposito 3 Bulan
1. Bank Mega 5,75 persen
2. Bank Mandiri 5,50 persen
3. Bank Negara Indonesia 1946 5,50 persen
4. Bank Mayora 5,38 persen
5. Bank Bukopin 5,38 persen

Deposito 6 Bulan
1. Bank Bukopin 5,63 persen
2. Bank Mega 5,50 persen
3. Bank Mayora 5,38 persen
4. Bank Tabungan Negara 5,38 persen
5. Bank Negara Indonesia 1946 5,25 persen

Deposito 12 Bulan
1. Bank Bukopin 5,63 persen
2. Bank Mayora 5,38 persen
3. Bank Tabungan Negara 5,38 persen
4. Bank DBS Indonesia 5,18 persen
5. Bank Danamon Indonesia 5,13 persen

Catatan:

Suku bunga yang tertera diatas mungkin bisa sewaktu-waktu berubah.

Article info



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *